SLiMS DI KABUPATEN SUKABUMI


Sabtu, 14 Mei 2011, Kantor Perpustakaan Daerah (Kanpusda) Kabupaten Sukabumi mengadakan pelatihan Teknologi Informasi untuk Pustakawan. Pelatihan yang bertempat di Kantor Perpustakaan Daerah tersebut dihadiri oleh sekitar 40 peserta dari institusi pendidikan (SD – SMA). Awalnya menurut panitia penyelenggara, peserta yang mendaftar untuk pelatihan ini baru sekitar 13 orang, namun jumlah peserta bertambah tiga kali lipatnya pada hari H, yaitu total mencapai 40 orang.  

Ini merupakan pelatihan yang pertama kali diadakan oleh perpustakaan daerah.  Pelatihan yang digagas oleh panitia yang merupakan pustakawan-pustakawan dari JIP-UNPAD dan JIP-IPB sangat senang karena telah berhasil mempersiapkan acara mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan. Mereka merasa yakin dan percaya diri bahwa perpustakaan bisa berbuat sesuatu walaupun tidak ada dukungan dana dari lembaga induknya. Masalah klasik yang banyak terjadi di perpustakaan, ya?

Ya. Masalah dana memang masalah klasik yang sering menjadi hambatan bila kita akan menyelenggarakan sebuah kegiatan. Tapi, minimal bila lembaga induk dimana kita bekerja mendukung (secara moral) kegiatan kita biasanya diberikan dalam bentuk pemberian ijin, maka dukungan materi bisa kita cari. Kepada panitia, penulis memberikan beberapa tips cara mengadakan dan mengelola anggaran untuk kegiatan. 

Penulis bertemu dengan panitia ketika kami sama-sama menghadiri seminar “Menjadi Pustakawan yang Smart, Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif yang Berdaya Saing” yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jawa Barat pada bulan Mei 2011. Selepas acara, kami berbincang dan berdiskusi seputar dunia kepustakawanan. Seperti kita ketahui bahwa perpustakaan daerah mempunyai kewajiban membina perpustakaan-perpustakaan yang ada di lingkungan daerahnya. Begitu juga Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi mempunyai kewajiban dalam membina perpustakaan-perpustakaan yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dari perbincangan tersebut, penulis memberikan masukan/usulan agar Kanpusda Kabupaten Sukabumi mengadakan pelatihan untuk perpustakaan-perpustakaan yang ada di wilayah kerja Kabupaten Sukabumi. Dan ternyata mereka pun telah merencanakan ingin mengadakan pelatihan sebagai bentuk konkrit dari pembinaan yang mereka lakukan untuk perpustakaan-perpustakaan di wilayahnya. Wah gayung bersambut nih :-)
 
Awalnya, kegiatan pelatihan ini akan diadakan pada bulan April 2011. Namun, karena kurangnya persiapan maka agenda pelatihan diundur menjadi bulan Mei 2011. Oleh karena itu, penulis memberikan beberapa arahan kepada panitia mengenai persiapan-persiapan apa saja yang harus dilakukan bila kita ingin mengadakan sebuah kegiatan.  

Alhamdulillah….akhirnya pada bulan Mei 2011 kegiatan pelatihan Teknologi Informasi untuk Pustakawan di lingkungan Kabupaten Sukabumi dapat terlaksana dengan lancar. Penulis mendapatkan kesempatan untuk memberikan pelatihan tentang software otomasi perpustakaan. Tentunya kita tahu software otomasi yang satu ini, yang digandrungi oleh para penggiatnya, yaitu SENAYAN atau sering juga disebut dengan SLiMS, Senayan Library Management System. Penulis tidak perlu bercerita banyak tentang SENAYAN, karena software ini sudah familiar bagi kita, bagi yang belum silakan langsung saja meluncur menuju sumbernya di http://slims.web.id. Penulis ingin berbagi beberapa foto kenang-kenangan kepada pembaca. Silakan dilihat-lihat :-)


Para peserta pun sangat senang mengikuti acara ini. Mereka mengikutinya dengan antusias. Banyak pertanyaan dan permasalahan yang muncul. Dengan bantuan pustakawan dari Kanpusda dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi, kami mencoba menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan teknis yang dialami oleh para peserta. Tentunya, pelatihan ini tidak akan memberikan kepuasan bagi peserta, karena waktu pelatihan yang terbatas. Tapi minimal para peserta sudah diperkenalkan dengan software SENAYAN dan kami berharap peserta dapat lebih memperdalam lagi sistem otomasi perpustakaan dengan menggunakan software SENAYAN di lingkungan perpustakaan sekolah mereka.

Oleh karena itu, untuk menjaga tali silaturahmi diantara peserta pelatihan kali ini, penulis mengusulkan kepada panitia untuk membentuk komunitas. Komunitas ini yang akan menjadi wadah komunikasi dan berbagi informasi diantara penggiat SENAYAN di Kabupaten Sukabumi. Komunitas ini juga yang nantinya diharapkan akan menjadi agent untuk menyebarluaskan (sosialisasi) software SENAYAN kepada masyarakat yang lebih luas di wilayah Kabupaten Sukabumi. Bagi Anda yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan ingin terlibat aktif dalam kegiatan komunitas ini, Anda dapat menghubungi Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi Jl. Raya Cigayung Komplek Gor Pemuda Cisaat Sukabumi melalui contact person Dedi Mulyadi 0856 2110 765 atau Nany Nafisah 0858 1121 3246. 

SELAMAT ATAS TERBENTUKNYA KOMUNITAS SLiMS KW KAB. SUKABUMI 
DAN 
SELAMAT BERGABUNG DI KOMUNITAS SLiMS JABAR