Hari ke-1: Senin, 11 Juli 2011

Hari pertama pelaksanaan proyek pengolahan koleksi di PT. GRAFINDO MEDIA PRATAMA (GMP) merupakan hari yang ditunggu-tunggu sekaligus menegangkan bagi semua personil tim pengolahan koleksi, yang teridiri dari mahasiswa JIP FIKOM UNPAD.Ditunggu-tunggu karena mereka sudah tidak sabar ingin segera memulai proyek pengolahan koleksi ini, sekaligus menegangkan karena mereka masih diliputi rasa "kurang pede" dalam memulainya. Bisa gak ya?

Pengolahan dimulai kurang lebih pukul 09.00 WIBB. Suasana hari pertama masih "crowded", baik dari pihak GMP maupun dari teman-teman mahasiswa. Hal-hal kecil saja bisa menghambat alur kerja. Tim yang datang di hari pertama adalah: Anjar, Bambang, Acy, Ade, Heni, Harris, dan Intan. Hari pertama ini kita fokuskan di kegiatan Klasifikasi.

Klasifikasi merupakan hal yang paling utama dilakukan dalam pengolahan koleksi. Bila klasifikasinya belum ditentukan, kegiatan berikutnya, seperti: input data bibliografi, pemberian label, barcode, sampai menyampul buku akan terganggu.

Hari ini tim dapat memproses 35 eksemplar (klasifikasi dan input data bibliografi). Untuk kegiatan menyampul pada hari ini belum berjalan, karena pada hari pertama ini, produktifitas untuk kegiatan menyampul menunggu beberapa proses berikut: klasifikasi - input data bibliografi - supervisi - cetak label dan barcode - sampul buku.