Pelatihan Tutor Pendas dan Non Pendas Universitas Terbuka, 21-24 Juli 2011


Pukul 7 malam pembukaan Pelatihan Tutor Pendas dan Non-pendas upbjj-ut Bandung dimulai. Sambutan pembuka disampaikan oleh Kepala UPBJJ Bandung. Dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar para tutor mengetahui dan memahami bagaimana Universitas Terbuka menerapkan konsep tutor. Oleh karena itu, para tutor diharapkan dapat memahami sistem belajar jarak jauh yang diterapkan oleh UT.

Berbicara mengenai perpustakaan, saat ini UT membuka program studi DII Ilmu Perpustakaan karena saat ini kebutuhan akan tenaga pustakawan saat ini sangat tinggi. Beliau menyatakan bahwa pustakawan adalah salah satu lapangan pekerjaan yang tidak dapat dipenuhi melalui jalur PNS. Bidang studi Ilmu Perpustakaan saat ini sangat  diminati oleh lulusan SMA, karena prospek lulusannya jelas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalam mengenai Sistem Belajar Jarak Jauh yang disampaikan oleh Maman Sudirman. Maman membuka pengenalannya dengan memberikan gambaran mengenai Program Paket A, B, dan C yang sering kita temui merupakan cikal bakal pembelajaran jarak jauh.

Dalam konsep Sistem Belajar Jarak Jauh, yang disebut dosen UT adalah penulis modul. Sementara tutor adalah perantara/fasilitator antara mahasiswa dengan materi yang telah disusun oleh penulis/para ahli di bidangnya. Jadi, tutor tidak identik dengan dosen. Tutor membantu atau menfasilitasi mahasiswa apabila ia mendapatkan kesulitan dalam memahami atau mempelajari modul yang telah diberikan. Tutorial merupakan proses pemberian bantuan dan bimbingan belajar dari tutor kepada mahasiswa. Tugas tutor dalam pembelajaran pada prinsipnya sama dengan dosen tatap muka tapi cara & strateginya berbeda. Sistem Belajar Jarak Jauh menuntut mahasiswa belajar mandiri dengan se-minimal mungkin bertatap muka atau bertemu langsung dengan tutor seperti bertemu dosen dalam pembelajaran tatap muka.


Dalam pendidikan jarak jauh terdiri dari:
- belajar mandiri
- belajar secara otodidak
- belajar kelompok
- tutorial tatap muka & online
- praktikum
- ujian

Saat ini UT, yang berdiri sejak 27 tahun yang lalu (4 September) telah memiliki 37 jaringan seluruh Indonesia. Tercatat sampai bulan Maret 2011 UT telah memiliki kurang lebih 900 ribu lulusan.  Salah satu alasan UT mengadakan Sistem Belajar Jarak Jauh adalah daya tampung dan daya jangkau pendidikan tatap muka yang dilaksanakan oleh lembaga perguruan tinggi lainnya sangat terbatas, sementara setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan.