Pelatihan, Antrian, dan Status Pasien


Hari ini, 23 Januari 2013,  kami memberikan training Sistem Informasi Manajemen Praktek Dokter bagi petugas administrasi. Kami memberikan beberapa petunjuk praktis dalam mengoperasikan sistem. Kegiatan pelatihan yang diberikan kepada petugas administrasi praktek dokter adalah: mencari pasien, mengatur jadwal pemeriksaan [antrian], menambah [input] data pasien yang baru, mengedit data pasien, dan menghapus data.  Sebenarnya ada satu hal lagi yang harus dikuasai oleh petugas administrasi, yaitu mencetak kartu berobat pasien. Namun, pada pelatihan kali ini kegiatan mencetak kartu berobat pasien belum kami berikan. 

Kami membuat prosedur operasional standar yang sederhana agar petugas dapat dengan cepat memahami dan menguasai sistem. Prosedur ini kami buat secara tertulis sehingga dapat dengan mudah dipelajari kembali oleh petugas apabila sewaktu-waktu diperlukan.

Setelah pelatihan selesai, kami membahas tentang rencana fitur yang akan ditambahkan pada pengembangan selanjutnya, yaitu fitur yang memudahkan dokter menghimpun semua data penting yang dimiliki oleh seorang pasien (medical record), mulai dari awal kedatangan sampai kedatangan terakhir (history). Data ini penting bagi dokter untuk mengetahui riwayat/status pasien, sehingga dokter dapat dengan mudah mengambil kesimpulan atau keputusan atau tindakan selanjutnya yang akan diberikan kepada pasien tersebut.