Karir di Bidang Informasi


Seorang mahasiswa curhat melalui akun fesbuk saya. Ia bercerita bahwa ia “dimasukkan” oleh orang tuanya kuliah di D2 Perpustakaan. Padahal ia sendiri saat ini menyandang gelar Sarjana Ekonomi [S1]. Orang tua menginginkannya menjadi guru agar ia nantinya dapat menjadi PNS. Maka, setelah lulus S1, ia mengajar di sebuah SMA. Ia merasa itu bukan panggilan hidupnya, ia memutuskan untuk keluar. Orang tuanya tidak setuju. Kemudian ia mengajar lagi di sebuah SMP. Sama seperti pengalaman sebelumnya, ia keluar. Karena keinginan orang tua, akhirnya sekarang ia bekerja sebagai honorer di sebuah perpustakaan SD sambil kuliah D2 Perpustakaan.

Secara jujur ia mengatakan bahwa ia tidak mempunyai hasrat untuk berkarir di bidang pendidikan, menjadi guru atau pun pustakawan. Jiwanya terus memberontak. Ia ingin menjadi orang yang ia inginkan. Ia ingin menjadi seorang pengusaha. Namun, ia tak bisa berbuat apa-apa. Baginya, orang tua adalah segala-galanya. Tapi efeknya, Ia merasa tertekan.

Dority[1] dalam bukunya menyatakan bahwa ada beberapa alternatif karir yang dapat diambil oleh mahasiswa dan/atau praktisi perpustakaan. Ia menyatakan bahwa seorang mahasiswa dan/atau praktisi perpustakaan dapat memilih karir untuk bekerja di perpustakaan tradisional, perpustakaan atau perusahaan yang modern, atau berdiri sendiri sebagai seorang yang independen. Menjadi seorang pengusaha, misalnya. Hal itu tidaklah salah karena hidup adalah pilihan.

Dority menjelaskan lebih jauh mengenai karakter-karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan praktisi perpustakaan. Karakter tersebut diantaranya: enerjik, inovatif, kepemimpinan, pengaruh, hasrat, kepercayaan diri, kewirausahaan, kolaborasi, improvisasi, dinamis, ceria, cerdas, dan lain-lain. 

Dengan bekal karakter diatas + keterampilan dalam bidang informasi. Saya memiliki keyakinan bahwa lulusan perpustakaan dapat memilih karir apapun sesuai dengan keinginan hatinya.Tetap semangat ya :-)


[1] Dority, G. K. (2006). Rethinking Information Work: a career guide for librarians and other information professionals. West Port, Unlimited Libraries.