Access Luncurkan PUBLUS (TM) Reader v2.0 EPUB (R) 3 Viewer

Metrotvnews.com, Tokyo: Aplikasi EPUB 3 Komersial Pertama di Dunia dengan Readium SDK segera Hadir di Toko Buku Elektronik BOOKWALKER -- ACCESS CO. LTD, penyedia produsen perangkat lunak untuk perangkat seluler, komputer, dan TV digital, meluncurkan PUBLUS (TM) Reader v2.0, sebuah aplikasi EPUB (R) 3 kompatibel dengan iOS yang terintegrasi dengan Readium SDK dari Readium Foundation, konsorsium yang berkomitmen untuk membangun standar penerbitan elektronik.

Ke depannya, ACCESS berencana meningkatkan standar aplikasi pembaca yang berisi konten kaya dengan menggunakan PUBLUS Reader v2.0 dengan Readium SDK.

Pada tahun ini, PUBLUS Reader v2.0 pertama-tama akan diintegrasikan dengan aplikasi pembaca dari BOOKWALKER, toko buku elektronik yang dikelola oleh BOOKWALKER CO., LTD. Toko ini telah terlebih dahulu mengintegrasikan PUBLUS (TM) Reader v1.0 (dulunya bernama NetFront (TM) BookReader EPUB Edition), aplikasi pembaca EPUB dari ACCESS yang kompatibel baik dengan iOS maupun Android.

BOOKWALKER kini tengah berusaha memperkuat skalabilitas layanan toko buku elektronik masa depan dengan PUBLUS Reader v2.0, aplikasi pembaca EPUB 3 komersial pertama yang mengintegrasikan Readium SDK, mesin pengolah EPUB 3 yang dioptimasikan untuk aplikasi bawaan pada tablet dan perangkat lainnya.

PUBLUS Reader v2.0 ebrhasil mendapatkan kompatibilitas luas pada iBook dengan menggunakan mesin WebKit standar dari iOS sebagai mesin EPUB 3-nya. Penerbit konten EPUB 3 diharapkan dapat mendapatkan manfaat dari penghematan biaya validasi - mahalnya biaya validasi kini masih menjadi momok tersendiri bagi para penerbit konten - berkat PUBLUS Reader v2.0.

"Pengintegrasian komersial Readium SDK ke dalam aplikasi pembaca ACCESS yang baru merupakan langkah inovatif menuju ekspansi global EPUB," ujar Bill McCoy, direktur eksekutif Forum Penerbit Digital Internasional dan presiden Readium Foundation. "Sebagai anggota Readium Foundation, pengembangan aktif teknologi Readium yang dilakukan oleh ACCESS sangat membantu mempercepat penguatan posisi EPUB di pasar global."

"ACCESS mengembangkan berbagai solusi perangkat lunak mutakhir yang mengintegrasikan teknologi bersumber terbuka (open-source-based) untuk menyediakan aplikasi membaca buku elektronik kepada seluruh pengguna dengan cepat dan menyenangkan," ungkap Kunihiro Ishiguro, Kepala Pejabat Teknik ACCESS.

"Kami sangat senang dapat membantu lebih jauh lagi mengkomersialiasikan Readium dan memperluas ketersediaan dan penggunaan solusi-solusi EPUB."

ACCESS juga berencana untuk mengembangkan PUBLUS (TM) Reader untuk platform Android dan Windows dengan menggandeng pihak-pihak terkait dukungan beragam platform untuk Readium SDK.

Video demo PUBLUS Reader v2.0 dapat dilihat di http://gl.access-company.com/products/dpub/publus_reader/publus_reader_for_browser/. Sekilas tentang Komitmen ACCESS terhadap Readium Foundation Readium Foundation adalah perusahaan keanggotaan nirlaba yang dioperasikan oleh Forum Penerbit Digital Internasional (IDPF) untuk meningkatkan popularitas EPUB 3. Readium Foundation, yang dibentuk pada bulan Maret tahun 2012, dipelopori oleh kelompok kerja Readium Project. Yayasan ini, selain menangani perizinan lisensi Readium, mendorong pengembangan dan penggunaan aplikasi membaca Readium SDK dan Readium Web untuk peramban dan pengaya.

ACCESS, sebagai anggota Readium Project yang berkontribusi dalam pengembangan Readium dengan memberikan mesin Publus Reader-nya yang unik, kini mendukung pengembangan teknologi SDK untuk penggunaan komersial. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: -- ACCESS Bergabung dengan Readium Foundation, Konsorsium Bersumber Terbuka untuk Sektor Penerbitan Digital (27 Maret 2013) http://gl.access-company.com/news_event/archives/2013/130327/ -- Pengintegrasian Teknologi NetFront (TM) BookReader ACCESS ke dalam 3 Platform Referensi Readium EPUB (4 Juli 2012) http://gl.access-company.com/news_event/archives/2012/120712-3/ Untuk informasi lebih lanjut tentang Readium Foundation, Readium Web, dan Readium SDK, kunjungi: http://readium.org.

PUBLUS Reader (dulunya bernama NetFront BookReader EPUB Edition) PUBLUS Reader adalah aplikasi membaca multi platform yang mengintegrasikan kemampuan perangkat lunak seluler ACCESS untuk memenuhi persyaratan teknologi huruf dan tata letak halaman Jepang.

Aplikasi membaca, yang kompatibel dengan EPUB 3 dan EPUB 2.0.1, mengolah huruf dan tata letak Jepang, termasuk tata letak vertikal dan logografik huruf Kanji, serta mengintegrasikan anotasi Furigana. Aplikasi ini berbasis mesin peramban WebKit, dan mendukung berbagai konten HTML5 dan JavaScript.

PUBLUS Reader memungkinkan pengguna untuk menikmati buku elektronik berkonten kaya yang dilengkapi dengan video, audio, dan beragam aplikasi.

ACCESS menjadikan PUBLUS Reader sebagai aplikasi membaca standar EPUB, baik di peramban maupun di versi aplikasi.

ACCESS ACCESS CO., LTD. adalah penyedia solusi dan layanan perangkat lunak canggih yang memungkinkan para operator, produsen perangkat TI, penerbit dan pelanggan konten mendapatkan yang terbaik dari teknologi berbasis layar. Perusahaan ini menyediakan beragam solusi untuk perangkat seluler, ponsel pintar dan tablet, TV pintar dan dekoder, otomotif, penerbit digital, dan jaringan.

Berbagai solusi ACCESS telah terjual lebih dari satu miliar perangkat di seluruh dunia. Portofolio produk perusahaan ini meliputi lini produk perangkat lunak NetFront (TM), platform mutakhir yang memiliki tingkat fleksibilitas dan kustomisasi handal; PUBLUS (TM), perangkat yang dirancang khusus untuk sektor penerbit digital lintas platform berbasis awan; dan NetAd, platform periklanan seluler.

Berpusat di Tokyo, Jepang, perusahaan ini terdaftar pada Bursa Efek Tokyo (Mothers' Index, 4813) dan mengoperasikan sejumlah perusahaan subsider dan afiliasi di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. (Antara)

Editor: Asnawi Khaddaf
Sumber: http://www.metrotvnews.com/tekno/read/2013/11/02/13/191946/Access-Luncurkan-PUBLUS-TM-Reader-v2.0-EPUB-R-3-Viewer