Enam Desa Menerima Bantuan 2.000 Buku

04 November 2013 | 14:24 wib

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Sebanyak enam desa/kelurahan di Kabupaten Wonogiri, Senin (4/11), menerima bantuan buku sebanyak 2.000 eksemplar.

Keenam desa/kelurahan ini, terpilih dari 294 desa/kelurahan di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri, untuk dijadikan desa percontohan perpustakaan desa.

Bantuan buku ini, diterimakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jateng, yang diwakili oleh Nani Adiati dan Kuntoro serta disaksikan oleh Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arsipusda) Kabupaten Wonogiri, Drs Suradi MPd didampingi Kasi Pelayanan Perpustakaan Wonogiri Nina Rujiati Kumala Dewi SPd MM.

Menurut Nina, bantuan 2.000 buku itu perinciannya berasal dari bantuan APBN sebanyak 1.000 buku, dan dari APBD Provinsi Jateng sebanyak 1.000 buku. Yang dari APBN diberikan kepada Kelurahan Giritirto Kecamatan Wonogiri, Desa Pasekan Kecamatan Eromoko, Desa Pare Kecamatan Selogiri, dan Desa Jatirejo Kecamatan Jatiroto.

Kemudian yang dari APBD Provinsi, diterimakan kepada Desa Purwosari Kecamatan Wonogiri, dan Desa Mlokomanis Wetan Kecamatan Ngadirojo.

''Sebenarnya kami mengusulkan semua desa agar mendapatkan bantuan buku. Tapi ternyata yang kemudian lolos seleksi dan verisikasi, hanya sebanyak enam desa,'' tegas Kepala Arsipusda Wonogiri, Suradi.

Keenam desa/kelurahan yang mendapatkan bantuan 2.000 buku ini, tambah Nina, dipersiapkan sebagai percontohan perpustakaan desa di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Arsipusda Wonogiri, Suradi, menambahkan, buku menjadi sumber ilmu yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencerdaskan warga.

''Pak SBY dapat sukses menjadi presiden, itu salah satunya juga karena dia gemar membaca, sehingga menjadikan dirinya cerdas dan pandai dan berhasil menjadi kepala negara. Mustahil orang dapat pandai tapi tanpa membaca,'' tegasnya.

Kepada para kepala desa (Kades) dan Lurah yang menerima bantuan buku, diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk nantinya maju mengikuti lomba perpustakaan di tingkat kabupaten dan tingkat provinsi Jateng.

( Bambang Purnomo / CN37 / SMNetwork )
 
Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_solo/2013/11/04/178274/Enam-Desa-Menerima-Bantuan-2.000-Buku