Tulisan Tangan Rongowarsito Ditemukan Tak Terurus

Jumat, 01/11/2013 17:59 WIB

Editor : Sika Nurin

SOLO – Sebuah naskah kuno ditemukan tak terurus di dalam lemari kerja peninggalan Raden Adipati Sosrodiningrat IV yang dipamerkan di Museum Radya Pustaka. Naskah yang ditemukan terselip di antara tumpukan arsip lawas Perpustakaan Radya Pustaka, diduga merupakan tulisan tangan RNg Ronggowarsito yang dikabarkan hilang.

“Sebagian besar isi lemari ini adalah arsip-arsip perpustakaan dari kepengurusan yang dahulu. Selain itu ada juga buku-buku berbahasa Belanda dan satu naskah tulisan tangan Ronggowaristo yang dahulu dicari Prof Nancy Florida,” terang Kurnia Heniwati, Staf Perpustakaan Radya Pustaka kepada Soloblitz, Jumat (1/11/2013).

Naskah tersebut ditemukan setelah renovasi Museum Radya Pustaka memasuki tahap pengecatan. Para tukang yang hendak mengecat ruang pamer utama bermaksud memindahkan lemari kuno di tempat itu. Karena terlalu berat, sebagian isi lemari itu terpaksa dikeluarkan.

Kendati demikian, Kurnia membantah jika dikatakan Museum Radya Pustaka tidak mengetahui keberadaan koleksi dan arsip perpustakaan di dalam lemari tersebut. Ia menerangkan lemari tersebut terpaksa digunakan sebagai tempat penyimpanan karena keterbatasan ruang perpustakaan Radya Pustaka. Padahal jumlah koleksi di perpustakaan sangat banyak.

“Sebenarnya lemari ini adalah pajangan. Tapi oleh pengurus yang dahulu-dahulu dimanfaatkan untuk menyimpan karena tidak ada tempat lain,” kata dia.

Terpisah, Ketua Komite Radya Pustaka, Purnomo Subagyo membenarkan ada koleksi dan arsip perpustakaan yang terselip di lemari di ruang pamer. Namun ia tidak memberi keterangan lebih lanjut mengenai temuan naskah yang selama ini dicari-cari itu.

“Ada sekitar 100 buku yang ada di dalam lemari itu. Tapi itu masih harus di data terlebih dahulu dan diteliti apa isinya,” jawabnya singkat.

Ichsan Noor Rosyid | @i_Rosyid
Sumber: http://www.soloblitz.co.id/2013/11/01/tulisan-tangan-rongowarsito-ditemukan-tak-terurus/