Waduh, 95% Fasilitas Perpustakaan Sekolah Buruk!

Jum'at, 08 November 2013 11:03 wib
Margaret Puspitarini - Okezone
 
JAKARTA - Perpustakaan menjadi salah satu fasilitas yang wajib ada di sebuah sekolah. Sayangnya, hanya lima persen dari 200 ribu perpustakaan sekolah yang memiliki sarana dan prasarana memadai.
 
Demikian dikatakan Kepala Pusat Standarisasi dan Dokumentasi, Badan Standar Nasional Abdul Rahman Saleh dalam Seminar Nasional Perpustakaan dan Kearsipan bertajuk "Akreditasi dan Standarisasi Lembaga Perpustakaan dan Lembaga Kearsipan di Era Open Access Berbasis Teknologi Informasi" besutan Institut Pertanian Bogor (IPB).
 
"Dari 130 ribu sekolah di Indonesia, ternyata baru 18 persen yang memiliki perpustakaan. Padahal saat ini sudah era open access. Kondisi ini merupakan tantangan bagi para pelaku perpustakaan di Indonesia," ujar Abdul, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (8/11/2013).
 
Sementara itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyampaikan, perpustakaan harus menghadirkan layanan edukasi pada masyarakat luas. Selain itu, berada di era modern, koleksi perpustakaan hendaknya tidak lagi berbentuk fisik tapi berupa elektronik.
 
"Selama ini basis koleksi perpustakaan kita masih banyak koleksi fisik. Untuk mempermudah akses informasi, koleksi data harus diimigrasi secara online. Perlu adanya perubahan dan progresif, termasuk dalam pelayanan. Kita harus mempersiapkan diri ke arah lembaga yang kredibel dan akuntabel," urai Herry.
 
Namun, lanjutnya, yang lebih penting adalah menumbuhkan budaya membaca di kalangan masyarakat. Salah satu cara yang dapat ditempuh, kata Herry, yakni dengan menggelar edukasi dan sosialisasi mengenai manfaat budaya membaca tersebut.
 
(rfa)
 
Sumber: http://international.okezone.com/read/2013/11/07/560/893276/waduh-95-fasilitas-perpustakaan-sekolah-buruk