Mei, BPAD DKI Jakarta Luncurkan Kontainer Perpustakaan Berjalan

Jakarta – Untuk menjangkau warga Jakarta, khususnya anak-anak, yang berada di pemukiman padat dapat membaca buku dengan gratis, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta akan meluncurkan mobil Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata).

Mobil Permata ini merupakan truk kontainer yang akan diisi dengan berbagai macam buku bacaan bagi seluruh anak, remaja, pemuda, dan orang dewasa. Truk kontainer yang dilengkapi dengan ruang membaca ini akan berkeliling dari satu kelurahan atau kecamatan ke kelurahan atau kecamatan lainnya.

Kepala BPAD DKI Jakarta Agus Suradika mengatakan, persiapan peluncuran Mobil Permata sudah mendekati tahap finalisasi. Untuk memastikan mobil tersebut berjalan dengan baik saat peluncuran, Agus bersama kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip di lima wilayah Kotamadya dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu telah melakukan peninjuan dan pemeriksaan akhir persiapan peluncuran Mobil Permata.

“Peninjauan dan pemeriksaan akhir ini kami lakukan untuk memastikan apakah seluruh kelengkapan sarana layanan mobil tersebut dapt berfungsi dan didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai,” kata Agus, Rabu (19/3).

Mobil Permata ini, lanjutnya, merupakan upaya BPAD DKI untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di tengah-tengah kehidupan warga Jakarta. Sebab selama ini, daerah pemukiman kumuh dan miskin atau kampung deret belum dalam terjangkau dari pelayanan keperpustakaan.

Melihat pemasalahan itu, sambil menunggu pembangunan gedung perpustakaan di setiap kecamatan dapat terwujud, BPAD DKI meluncurkan perpustakaan berjalan. Rencananya, setiap satu wilayah akan memiliki Mobil Permata. Dengan kata lain, BPAD akan meluncurkan enam Mobil Permata untuk mendekatkan perpustakaan kepada warga Jakarta.

Untuk fasilitas yang ada dalam Mobil Permata tersebut, mantan Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta ini mengatakan, mobil yang pengadaannya dilakukan tahun 2013 ini dilengkapi dengan sarana teknologi informasi. Seperti akses wifi, layar informasi dan publikasi perpustakaan dengan menggunakan light electronic digital (LED).

“Juga ada sirkulasi peminjaman dan pengembalian koleksi bahan perpustakaan dengan menggunakan radio frequency identification (RFId),” ujarnya.

Selain itu, disiapkan layanan keanggotaan untuk seluruh warga masyarakat yang tinggal dan mempunyai akses ke Jakarta sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu. Mobil Permata ini menggunakan dua kontainer 40 feet dilengkapi dengan AC ruang utility dan ruang baca di dalam serta tenda baca yang dipasang di luar mobil.

“Rencananya mobil Permata ini akan diluncurkan pada bulan Mei 2013 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasinal. Diluncurkan di Kantor BPAD DKI Jalan Perintis Kemerdekaan No 1, Pulogadung. Untuk SDM terkait layanan dan teknologi informasi sudah dipersiapkan agar dapat bekerja dengan baik. Kami minta mereka layanilah masyarakat dengan sepenuh hati,” kata Agus.

Sumber: beritasatu.com