Jurnal Ilmiah yang Diragukan

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah merilis informasi tentang jurnal-jurnal internasional yang dinilai meragukan. Seperti yang dikutip dari laman Sistem Penilaian Angka Kredit Dosen DIKTI, beberapa jurnal yang dinilai meragukan oleh tim penilai antara lain:

1. International Journal of Business and Social Science, diterbitkan oleh Centre Promoting Ideas, USA.
2. International Journal of Humanities and Social Science, diterbitkan oleh Centre Promoting Ideas, USA.
3. Asian Social Science, diterbitkan oleh Canadian Centre of Science and Education. 
4. International Journal on Advanced Science Engineering Information Technology

 Selain jurnal internasional tersebut, tim penilai jabatan akademik pusat juga menemukan satu jurnal lokal yang meragukan, yaitu Jurnal "Mondial". Dalam halaman depan jurnalnya, Mondial menyatakan bahwa ini merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu-ilmu sosial dan kemasyarakatan. Namun, Jurnal Mondial ini dianggap meragukan karena memiliki alamat penerbit di Sekeloa Bandung tapi menerbitkan jurnal pada cabang penerbit di Aceh dan semua penulisnya juga dari Aceh. Hal ini tidak sesuai dengan kepatutan peneribit jurnal yang bereputasi.


Jurnal lokal selanjutnya yang dinilai meragukan adalah Advances in Materials, Processing and Manufacturing. Jurnal dari Trans Tech Publications ini menerbitkan artikel yang telah dipresentasikan melalui forum konferensi internasional. Namun, mengingat proses dari prosedur pengiriman abstrak sampai dengan penerimaan naskah dilakukan dengan kaidah ilmiah yang relatif baik, maka jurnal ini dinilai memiliki angka kredit yang lebih tinggi dari jurnal yang terakreditasi oleh DIKTI, misalnya 30 ak, akan tetapi ini tidak bisa digunakan untuk pemenuhan persyaratan khusus 'publikasi ilmiah' untuk usulan jabatan akademik Profesor.  

/bugs
Sumber: http://pak.dikti.go.id